SOCIAL MEDIA

Tuesday, June 21, 2016

Menikmati Nasi Liwet Saat Mudik



Bulan suci Ramadhan telah tiba dan lebaran pun siap menyambut kita. Saat lebaran ada bebrapa makanan khas yang selalu ada setiap lebaran yaitu opor ayam, ketupat, sambal goring ati atau kentang mustopa dan tentunya aneka kue khas lebaran. Menjelang lebaran ibu – ibu biasanya disibukkan dengan membuat berbagai makanan untuk hidangan saaat lebaran. Buat saya lebaran itu selalu identik dengan yang namanya mudik. Yess mudik…itu hal yang paling saya suka dari dulu, ya karena saya aslinya dari daerah tepatnya dari Ciamis – Jawa Barat. Mudik memang sepertinya merupakan suatu tradisi bagi masyarakat Indonesia. Karena tiap tahun dadat lebaran tiba selalu diramaikan dengan tradisi mudik dari kota besar ke berbagai daerah yang ada di Indonesia. Bagaimana tradisi mudik tidak ramai di Indonesia, Indonesia kan terdiri dari banyak derah pastinya mudik selalu ramai. 

Tapi sepertinya tidak semua masyarakat Indonesia mudik karena sebagian dari mereka tidak memiliki kampung halaman karena asli orang kota besar orangtuanya. Beberapa teman saya juga tidak pernah mudik, katanya seh sata mudik Bandung jadi sepi dan ga ada macet hehe. Mereka yang tidak mudik biasanya menghabiskan waktu liburannya ke tempat – tempat hiburan atau tempat wisata. Tempat wisata yang dikunjungi bisa yang ada di kota sekitar tempat tinggalnya bisa juga ke kota  lain untuk mencari suasana yang berbeda. Salah satu tempat wisata yang sekarang banyak dikunjungi adalah sentul. Dan buat yang tidak memiliki keluarga disana jangan khawatir ada banyak hotel di sentul yang bisa kita gunakan untuk menginap disana. Dan untuk mencari hotel di sentul di era digital ini tentunya sangat mudah, kita tinggal kunjungi traveloka. Dengan traveloka kita bisa dengan mudah mencarinya. Traveloka memudahkan kita untuk keperluan mencari hotel saat liburan atau ada acara tertentu.  

Mudik selalu menjadi hal yang paling seru buat saya meskipun harus melaluinya dengan macet berjam – jam. Tapi tetap seru dan menyenangkan setelah sampai disana dan bertemu dengan orangtua dan juga keluarga besar di Ciamis. Saya mudik biasanya setelah lebaran karena kadang saya harus menyelesaikan pekerjaan dulu dan juga karena orangtua dari suami ada disini jadi kita lebaran dan juga silaturahmi disini dulu. 

Meskipun saya sudah lama tinggal di Kota Kembang ini bahkan sekarang sudah menjadi warga Bandung, saya selalu merindukan kota kecil kelahiran saya itu. Ciamis menyimpan sejuta kenangan dan juga story, bagaimana tidak saya lahir dan besar disana sampai akhirnya saya melanjutkan sekolah ke Bandung dan meninggalkan Ciamis. Selain daerah dan suasana dari Ciamis yang selalu saya rindukan, saya juga selalu merindukan makanan khas dari sana. Ada seroja, galendo rengginang dan maish banyak lagi yang bisa dijadikan cemilan yak karena saya suka ngemil hehehe. Ya oleh – oleh dari Ciamis selalu saya rindukan karena sepertinya udah nempel dilidah saya hehe. Dan saat pulang saya selalu membawa oleh – oleh dari sana untuk keluarga di Bandung. 
Dan yang selalu saya lakukan dengan keluarga besar disana adalah bikin nasi liwet rame – rame. Enaknya jangan ditanya, enak banget pokoknya. Selain enak juga yang berasa banget adalah kebersamaannya dengan keluarga. Meski makanannya cuma seadanya tapi berasa nikmat banget. Nasi liwet kami biasanya ayam goreng, ikan asin, pindang tongkol, sambal, lalab dan juga jengkol. Jengkol inilah makanan pelengkap yang membuat makan dan suasana jadi lebih enak dan rame. Kami makan kumpul dan rame – rame. Seru sekali pokoknya.  




Kampung halaman saya bisa dibilang jauh karena jauh dari kota, ya namanya juga kampung halaman ya pasti di kampung kan hehe. Saat lebaran selalu ramai dengan masyarakatnya yang sama – sama pada mudik. Banyak masyaraktnya yang berwirausaha di kota – kota besar seperti Bandung, Bekasi, Tangerang, Bogor ataupun Jakarta. Makanya saat lebaran kampong halaman saya selalu ramai karena semuanya pulang kampong dan berkumpul dengan keluarga. Dan tidak sedikit dari mereka yang berwirausaha di kota besar berhasil dan membangun kampung halamannya. Salah satunya dibangun tempat wisata Kolam Renang Cipangalun oleh salah satu putra daerah yang ingin memajukan kampung halamnnya. Kolam renang ini dulunya tanah milik masyarakat yang dibangun dan jadilah tempat wisata. Saat lebaran kolam renang ini selalu ramai oleh pengunjung baik itu masyarakat setempat maupun masyarakat dari daerah lain ataupun tamu yang berkunjung. 

Itulah cerita saya menjelang lebaran tiba dan menantikan mudik. Bagaimanapun mudik bukanlah untuk hura – hura tapi intinya untuk silaturahmi dan juga saling memafkan bertemu secara langsung dengan orangtua dan juga keluarga.

post signature

1 comment :

  1. Jadi kangen nasi liwet.... di kantor kami biasanya ada OB juga yag rajin bikin nasi liwet ala kadarnya. Tetap aja peminatnya banyak ..

    #pesona nasi liwet

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung ke Blog saya, silakan tinggalkan komentar supaya saya bisa berkunjung balik, mohon maaf komentar saya moderasi ya jika ada link hidup dan brokenlink akan saya hapus, terimaksih.