SOCIAL MEDIA

Sunday, May 1, 2016

Semur Ati Ampela



Semur… Baru mendengar ajah rasanya udah bikin laper ya hehe. Semur yang kebayang pastinya segala sesuatu yang beraroma kental dengan bumbu dan identic dengan warna coklat atau kecap. Ya semur biasanya memang tidak jauh – jauh dengan kecap, eh kecuali semur jengkol ga pake kecap ya. Tapi pakai bumbunya yang hmmm yummmi deh kalau yang namanya semur jengkol, kalau ga malu nasi sebakul bakal habis deh ya. 

Banyak bahan makanan atau lauk yang bisa diolah dengan cara disemur. Tapi sekarang saya mau berbagi semur ati ampela. Jujur sebenarnya saya ga terlalu suka sama ati, mau ati ayam atau ati sapi. Apa lagi kalau makan ati ga banget deh hehe. Saya lebih suka sama ampelanya dari kecil juga, rasanya lebih enak ajah kalau menurut saya berasa kenyal dan gerinjil – gerinjil kalau ampela. Tapi kalau beli mentah atau udah dimasak juga kita harus beli sepaket kan ya ga bisa dipisah – pisah soalnya mereka itu saudara kembar hihi. Kemarin saya beli ati ampela tuh udah lama ga masak ati ampela. Bingung masakanya diapain akhirnya saya pilih disemur ajah. Nah yuk kita bikin semur ati ampela.



Bahan – bahannya :

  • Ati ampela banyaknya bisa disesuaikan ya 


Bumbu :

  • Bawang merah

  • Bawang putih

  • Tomat

  • Gula merah

  • Kecap 


Cara bikinnya :

  • Bersihkan ati ampela di air yang mengalir sampai benar – benar bersih, kemudian tiriskan.

  • Panaskan air dalam panci dan setelah matang masukkan ati ampela dan rebus sampai empuk.

  • Siapkan bumbu dan ulek sampai halus

  • Siapkan minyak goreng dalam wajan secukupnya

  • Setelah halus kemudian tumis bumbu sampai bumbu matang dan harum
  • Kemudian tambahkan air secukupnya dan tunggu sampai mendidih

  • Kemudian masukan ati ampela yang telah direbus tadi

  • Tambahkan garam, gula merah, penyedap rasa dan juga kecap

  • Biarkan sampai bumbu menyerap
  • Jangan lupa sambil nungggu dicobain rasanya sampai pas yaa. 
Nah gimana mudah kan bikinnya. Biar lebih maknyus bisa dimakan dengan sambal dan kerupuk. Selain itu tambahkan juga makan sayuran atau tumis biar lebih sehat dan juga ada seratnya. Ok selamat mencoba ya dan jangan lupa masaklah dengan penuh cinta untuk orang – orang tercinta :)



post signature