SOCIAL MEDIA

Thursday, March 10, 2016

Tumis Pindang Tongkol



Dunia kuliner selalu dipenuhi dengan aneka masakan yang bikin ngiler, ya ga? Di rumah kita bisa saja berkreasi menciptakan menu baru sesuai selera kita dan juga kretivitas  kita. Kadang kalau udah lihat bahan – bahannya ide suka muncul, ya ga?  Tapi kadang kita juga suka masak kesukaan keluarga terutama anak – anak. Apa menu kesukaan anak – anaknya? Kalau anak – anak saya suka banget sama pindang tongkol. Ya pindang tongkol dari sejak anak yang kecil bisa makan makanan orang dewasa dia udah suka pindang tongkol. Dan untuk ngisi food blog saya kali ini saya mau isi dengan menu dari pindang tongkol. Sebagai Indonesian Food Blogger ( yang masih belajar hehe) saya selalu suka sama masakan khas Indonesia salah satunya ya pindang tongkol ini. 



Banyak cara atau menu yang bisa kita kreasikan untuk masak pindang tongkol ini. Bisa di goreng sederhana dengan dicelupkan ke dalam telur yang telah di kocok dalam wadah kemudian di goreng, menu ini adalah paling harum di banding dengan di tumis atau di balado. Dan saya suka banget dengan menu pindang tongkol yang ini bisa dimakan dengan sambal dan juga lalab, mantap deh bisa beberapa kali nambah deh. Suami juga suka menu tongkol yang ini. Harumnya bisa nyampe ke rumah tetangga deh hehe. Kalau di balado terus terang saya kurang suka mungkin karena bumbu merah kali ya saya agak kurang suka sama bumbu merah. 

Dan menu dari pindang tongkiol kesukaan keluarga terutama naka – anak saya adalah di tumis. Dan biar agak cerah juga menarik selera makan anak – anak saya biasanya pakai bumbu kunyit tuh. Memang agak ribet karena harus menyediakan kunyit yang kadang suka berabe karena warnanya nempel banget kalau kena tangan atau pakaian. Tapi ga apa – apa deh yang penting anak – anak suka selain itu kunyit juga bermanfaat untk kesehatan juga. Nah yuk kita bikin tumis pindang rame – rame, eh koq rame – rame hehe. 


Bahan – bahannya :

  • ¼ Pindang tongkol

  • 3 Siung Bawang merah

  • 1 Siung Bawang putih

  • 1 buah tomat ukuran sedang

  • Serei

  • Salam

  • 2 bauh Kunyit

  • Gula merah

  • Garam

  • Penyedap rasa


Cara membuatnya :

  • Siapkan pindang tongkol yang telah dipotong – potong  kemudian di rendam pakai air panas, hal ini supaya pindang lebih bersih

  • Setelah beberapa menit kemudian bersihkan di air mngalir

  • Siapkan kunyitnya, kalu saya biasanya di parut, tapi mau diulek juga boleh

  • Kemudian ulek juga bawang putih dan juga bawang merah, dan juga tomat satuin dengan kunyit

  • Siapkan minyak goreng dan juga kompor dengan api sedang

  • Setelah panas masukkan bumbu yang telah diulek tadi

  • Tumis  hingga harum matang kemudian tambahkan air, karena anak – anak  saya suka yang kuah jadi airnya gak banyakan

  • Kemudian masukan pindang yang telah dicuci

  • Masukkan daun salam dan juga serei kalau yang suka daun jeruk boleh ditambahkan juga supaya lebih harum dan mengurangi bau amis dari pindang

  • Masukkan garam, gula dan juga penyedap rasa

  • Tunggu hingga mateng, sambil menungu mateng boleh sambil dicicipi ya supaya rasanya sesuai selera

  • Setelah matang angkat dan hidangkan pindang

  • Buat yang suka pedas boleh ditambah rawit juga atau bisa juga dimakan dengan sambal

  • Dan biar selalu makan sayuran boleh dimakan dengan sayuran ya dan lebih mantap kalau  dimakan dengan sambal sayurannya bisa buat lalab juga tambah maknyus deh hehe


Itulah pindang kesukaan keluarga saya, anak – anak biasanya banyak kalau makan sama pindang tuh. Ok selamat masak ya bu ibu, ayo masak dengan cinta untuk keluarga tercinta :)


post signature

2 comments :

  1. Emang pindang tongkol mah bikin boros nasi yak. Dipepes enak juga, loh ;)

    ReplyDelete
  2. ngabibita wae heheh. ini pindang tongkolnya lagi susah di sini di tukang sayur

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung ke Blog saya, silakan tinggalkan komentar supaya saya bisa berkunjung balik, mohon maaf komentar saya moderasi ya jika ada link hidup dan brokenlink akan saya hapus, terimaksih.