SOCIAL MEDIA

Saturday, March 5, 2016

Soup Ayam




Hallo selamat siang dan selamat makan siang semua. Makan siangnya apa neh? Kalau kata kakak saya yang suka rada – rada bodor, ga ada yang namanya makan siang, yang ada adalah makan nasi hehehe. Ok kak piece deh buat dirimu yang punya otak cemerlang. Kali ini food blog milik saya ini mau isi dengan berbagi sayur soup. Soup adalah salah satu kuliner kesukaan anak – anak dirumah. Dari mulai anak – anak masih balita bahkan masih bayi sejak mulai di kasih MPASI atau makanan pendamping air susu ibu, mereka udah suka sama soup. Ya sayur soup yang murah meriah tapi kaya akan vitamin dan sehat. Selian murah soup juga bikinnya sangat – sangat mudah. Bahkan mudah sekali. Ga percaya ayo kita bikin hehe. 




Karena judulnya sayur soup jelas lah ya pasti isinya sayuran bahkan saya yakin pasti udah pada tahu kan. Soup ini merupakan kuliner Indonesia yang sudah ada sejak zaman dahulu kala (jiah berasa zaman sejarah ya hehe). Dan sebagi food blogger Indonesia (yang masih belajar) saya mau menyajikan masakan khas Indonesia juga neh. Soup ini sayurannya mudah banget kita temukan mau di supermarket, swalayan, abang tukang sayur yang keliling rumah, atau pasar tradisional. Dan sebegai pelengkap dan juga supaya anak – anak sama keluarga lebih suka kita bisa menambahkannya beberapa lauk seperti ayam, ceker, bakso, sosis, basis dan lain – lain sesuai kesukaan deh. Nah yuk mari kita bikin :) 

Bahan – bahannya :

  • Wortel  
  • Buncis  
  • Kol atau bunga kol boleh pilih salah satu mana yang lebih suka  
  • Tomat  
  • Bawang daun  
  • Seledri  
  • Ayam  
  • Bawang merah digoreng  
  • Garam  
  • Merica  
  • Penyedap rasa




Cara membuatnya :

  • Bersihkan sayuran an juga ayam yang mau dimasak di air yang mengalir  
  • Kemudian potong ayam yang telah dibersihkan dan juga sayurannya  
  • Potong sayuran bisa juga bentuk bulat wortelnya atau juga bentuk dadu, kalau mau bentuk dadu potong buncisnya juga kecil – kecil jadi hampir sama dengan wortel  
  • Potong kolnya atau bunga kolnya  
  • Potong tomat, seledri dan juga bawang daunnya  
  • Sedangkan bawang merah diiris kemudian di goreng sebagi pelengkap nanti ditabur setelah matang, kalau tidak pakai juga sebenernya tidak apa – apa karena sudah ada bawang daun  
  • Sambil memotong kita bisa menyiapkan air untuk merebus dan memasaknya banyaknya bisa disesuaikan ya  
  • Siapkan panci lain untuk merebus ayam secara terpisah  
  • Setelah air panas masukkan wortel terlebih dahulu karena wortel lebih keras jadi masaknya harus lebih lama jadi dimasukkan duluan  
  • Tunggu beberapa saat kemudian masukan buncis  
  • Setelah itu masukkan kol  
  • Setelah ayam empuk masukkan ayam ke dalam panci berisi sayuran, ayamnya boleh dipilih ya bagian mana yang lebih suka dan akan dimasukan kedalam sayur, misalnya suka dadanya atau tulangnya kan seru tuh makan tulang ayam itu hehe , boleh juga masukkan air kaldunya
  • Kemudian masukan tomat, daun bawang dan juga seledri  
  • Masukkan garam, merica dan juga penyedap rasa  
  • Tunggu sampai mateng, sambil menunggu boleh sambil dicicipi juga ya sampai rasanya sesuai  
  • Setelah pas adan juga mateng angkat sayur dan siap dihidangkan  
  • Taburkan bawang merah yang telah digoreng diatasnya untuk menambah harum sayur dan juga menambah selera makan tapi kalau kurang suka bawang goreng tidak pakai juga tidak apa – apa koq  
  • Dan taraaa soup ayam telah siap dimakan :)
 

Itulah resep simple soup ayam, mudah kan? Kalau ga suka ayam boleh diganti sama yang lain ya. Selamat mencoba yaa. Soup merupakan sayuran yang sehat karena terdapat beberapa sayuran didalamnya. Ayo bu ibu masaklah dengan penuh cinta untuk orang  orang tercinta :)

post signature

3 comments :

  1. kalau baca baca resep ini kok rasanya saya pengen bikin sendiri di rumah. tidak beli seperti biasanya, hihi

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung ke Blog saya, silakan tinggalkan komentar supaya saya bisa berkunjung balik, mohon maaf komentar saya moderasi ya jika ada link hidup dan brokenlink akan saya hapus, terimaksih.