SOCIAL MEDIA

Wednesday, February 10, 2016

Tumis Kulit Sapi



Masak apa hari ini? Atau besok rencana mau masak apa? Udah ada ide? Kalau belum boleh kita sharing disini yuk buat masak besok, hari ini masak dari bahan yang berasal dari sapi, tapi bukan dagi sapi ya, melainkan kulit sapi.



Sapi memang hewan yang hampir semua bagian dari badannya bisa dimanfaatkan. Sapi juga termasuk hewan yang dikurbankan saat hari saya idul adha selain domba. Bagian dari sapi yang selalu dicari yang pasti seh dagingnya ya yuhuu daging sapi memang ga ada duanya. Banyak kuliner dan olahan dari daging sapi yang tentunya selalu menggoda dan yummi dehh. Di banyak tempat makan banyak yang menggunakan bahan – bahannya dari sapi. Sekarang saya ga akan banyak bahas bagian dari sapi yang lainnya yang bisa dimasak dan dimakan, saya sekarang mau bahas kulitnya. Ya kulit sapi juga suka dimasak dan dimakan, tentunya bukan kulit bagian luarnya ya tapi bagian dalamnya. Kulit sapi anak – anak di rumah suka dan tentunya juga saya hehe. Yuk kita masak kulit sapi.  

Bahannya :
  • Kulit sapi, kalau untuk banyaknya bisa disesuaikan sama anggota keluarga ya, kalau saya setengah kilo cukup.
  • Cabai hijau, bisa cabai gendot atau cabai hijau yang panjang.
  • Kunyit, kalau yang ga suka kunyit, boleh pakai cabai merah diulek karena ini untuk warna masakan juga biar ga pucet.
  • Gula
  • Garam
  • Penyedap rasa
  • Kemiri
  • Serei  
  • Daun salam
  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Tomat 
  • Merica 



Cara buatnya :
  • Kulit sapi dipotong kecil – kecil persegi, kalau beli dipasar biasanya udah di potong kecil – kecil
  • Kemudian dicuci di air mengalir
  • Dan siapkan juga bahan – bahan untuk bumbunya dicuci dan dibersihkan
  • Ulek kunyit atau cabai merah pilih mana yang lebih suka karena ini untuk warna masakan ajah, kalau saya biasanya kunyit karena anak – anak suka, ga pakai cabai merah biar ga pedas tambahkan garam biar menguleknya lebih mudah, kalau yang mau pakai blender juga boleh
  • Tambahkan kemiri, bawang merah, dan bawang dan tomat
  • Sambil mengulek boleh sambil panaskan wajan atau teflon dan masukan minyak secukupya
  • Setelah minyak panas kemudian tumis bahan – bahan yang di ulek tadi sampai harum
  • Tambahkan air secukupnya tunggu sampai mendidih
  • Satelah mendidih masukan kulit sapi yang telah dipotong kecil – kecil
  • Masukan cabai gendot atau cabai hijau, kalau saya cabainya biasanya ga dipotong ujungnya biar ga pedas karena untuk naak – anak, kalau yang suka pedas boleh dipotong – potong cabainya
  • Sambil menunggu kulit sapi matang, masukan garam, gula, merica dan penyedap rasa dan juga daun salam dan serei
  • Tunggu sampai kulit sapi empuk dan cukup untuk dimakan, boleh sampai dicoba sampai rasanya benar - benar sesuai selera dan maknyus
  • Setalah dirasa matang dan rasanya enak angkat tumis kulti sapi dan hidangkan
  • Dan taraa kulit siap dimakan
Kulit sapi bisa juga dimakan dengan yang lainnya misalnya telor dadar, sama sayuranm pakai kerupuk atau yang lainnya. Enak dimakan dalam keadaan hangat dan sama nasi hangat juga.   

 post signature

8 comments :

  1. kesukaan ibuku nih. aku mah takut. takut nyut2an abis makan ini, hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ibunya suka ya maak? Toss deh buat ibunya maak :) buat mak ina mah diet ini ajh maak hehhe

      Delete
  2. Ini kalo di tempatku namanya gulai kerecek.. Tapi gak berani lagi aku makannya..dah kena asam urat..hehe

    ReplyDelete
  3. Kikil ya..uuh seneng banget, apalagi ditumis pedeees plus pete...haha, ngabisin nasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah aku malah belum coba pake pete mba nntau coba ahh hehe

      Delete
  4. Ya Allah jam segini belum sarapan trus liat tumis kikil yang ada nasi putihnya. Nelan ludah aja bisanya

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung ke Blog saya, silakan tinggalkan komentar supaya saya bisa berkunjung balik, mohon maaf komentar saya moderasi ya jika ada link hidup dan brokenlink akan saya hapus, terimaksih.