SOCIAL MEDIA

Wednesday, February 3, 2016

Perkedel Kentang



Hola bu ibu, udah ada ide belum buat masak hari ini? Bagi – bagi pengalaman masak yuk… nah kalau saya tadi masaknya bikin perkedel kentang. Jadi ceritanya gini, ada kakak pertama saya yang ke rumah dan kebetulan dia abis dari rumah kakak saya yang rumahnya di Pangalengan, kabupaten Bandung. Udah pada tahu kan Pangalengan, itu salah satu daerah penghasil sayuran. Banyak sayuran yang dihasilkan dari Pangalengan.

Udaranya disana sangat sejuk, sebenernya cenderung dingin seh, bahkan dingin banget. Sayuran yang dihasilkan dari Pangalengan banyak ada kentang, kol, tomat, labu, cabai dan lain – lain deh. Nah kalau saya atau keluarga ada yang pulang dari sana suka di kasih tuh sayuran, wah enak kan bisa dapet gratisan apa lagi kalau harga sayuran lagi mahal. Heuheu tetep ibu – ibu dapet gratisan mah pasti seneng deh. 
 
Ok balik lagi ke masak memasak ya, karena kakak kebetulan bawa sayuran dari sana jadinya saya kecipratan juga. Lumayan buat dua hari ga usah beli sayuran. Secara sayuran kan penting banget buat kesehatan kita. Nah karena anak – anak dan juga suami suka banget sama perkedel kentang dan kakak juga bawa kentang jadinya saya bikin perkedel kentang. Dan yuhuuu anak – anak dan suami suka perkedel buatan saya, apa lagi suami dia sukaaaa banget sama perkedel kentang. Asik kan kalau apa yang kita masak disukai sama keluarga bahkan sampai habis .


Ngomong – ngomong perkedel kentang, sebenernya saya juga dari kecil udah suka, soalnya ibu juga suka bikin buat saya. Jadi ga perlu lama – lama saya belajar bikin perkedel pas awal nikah hehe. Ok bu ibu mari kita bikin perkedel kentang yuk…






Bahan – bahannya : 
  • Kentang, banyaknya bisa disesuaikan dengan anggota keluarga atau kebutuhan ya, kalau yang sedang paling sekitar 500 gr ya
  • Minyak goreng
  • Telor, untuk setengah kilo kentang 1 butir telor juga cukup kalau saya, tapi kalau mau 2 butir juga boleh
  • Bawang, bisa bawang merah bisa juga bawang daun, kalau bawang merah digoreng dulu, tapi kalau bawang daun ga perlu
  • Bawang putih
  • Merica
Cara buatnya :
  • Pertama bersihkan kentang kemudian dipotong untuk disiapkan digoreng
  • Setelah dipotong, panaskan minyak goreng dalam wajan atau teplon
  • Kemudian goreng kentang, ada juga seh yang suka direbus, tapi kalau saya lebih suka digoreng 
  • Setelah digoreng, kentang diulek, tapi kalau yang ga mau ngulek bisa juga diblender kentangnya
  • Siapkan juga bawang putih yang telah dikupas kemudian diulek dan tambahkan merica, kalau pakai merica yang bubuk ga perlu diulek lagi
  • Tambahkan telor yang telah di kocok dahulu
  • Diaduk bersama kentang dan tambahkan bawang merah yang telah digoreng atau bawang daun yang tekah diiris
  • Tambahkan juga garam dan penyedap rasa biar lebih maknyus
  • Setelah merata dan juga rasanya dirasa cukup, siapkan adonan untuk di goreng
  • Bentuknya boleh sesuai selera ya, bisa bulat, oval atau segi tiga
  • Kemudian digoreng dengan api sedang
  • Setelah matang tiriskan dan simpan di tempat yang kering
  • Dan taraaa perkedel siap dimakan
  • Buat yang suka pedas bisa juga ditambah dengan saos, sambal atau rawit
  • Kalau yang mau tambah kornet bisa juga dicampurkan ketika dicampur dengan telur dan bumbu lainnya 

Itulah seklias resep perkedel kentang, ayo bu ibu siapkan besok mau masak apa. Masaklah dengan cinta untuk orang - orang tercinta hehe. 


post signature

12 comments :

  1. Pagi pagi baca postingan mba nunk..jadi ngeces... Malah belum sarapan lagi..huhuhuh.. #piring mana piring

    ReplyDelete
  2. Kalau saya sering nambahin ayam cincang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah boleh tuh mba, saya belum pernah, sukanya ayam di goreng ajh :))

      Delete
  3. perkedel kentang itu makanan yang habisnya lebih cepet dari pada waktu masaknya :D biasanya kalo bikin perkedel kentang di dalamnya kadang aku tambahin keju, sosis atau daging cincang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe bener juga ya mba secara bikin perkedel itu lambreta, wah boleh tuh mba nanti saya coba bikin pake itu mba, tq ya mba :)

      Delete
  4. wah, perlu dicoba ini mba
    ma kasih ya

    ReplyDelete
  5. agrrrr.. mama sering masak perkedel kentang, tapi dari kecil gak pernah suka krn dalamnya benyek 😂

    ReplyDelete
  6. Beeeeuh enak nih perkedel kentang yummyyy

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung ke Blog saya, silakan tinggalkan komentar supaya saya bisa berkunjung balik, mohon maaf komentar saya moderasi ya jika ada link hidup dan brokenlink akan saya hapus, terimaksih.