SOCIAL MEDIA

Tuesday, February 2, 2016

Mie Tek – Tek



Bandung di guyur hujan, hujan gini malem – malem enaknya makan apa ya? Yang jelas ga makan es lah ya, tambah dingin dong nanti hehe. Terus makam apa neh? Makan yang panas atau anget – anget pastinya yang pas ya ga? Hmmm malem – malem biasanya suka banyak yang jualan tuh, terutama yang anget – anget terlebih di tempat – tempat yang ramai. Ada nasi goreng, mie goreng, kue tiau, mie tek – tek. Ahaa mie tek – tek, mau dong perut jadi krubuk – krubuk laper neh. 

Mie tek- tek biasanya mulai pada jualan sore menjelang malam hari. Bahkan suka sampai malem banget sampai abis deh. Seringnya mas mas yang jualan mie tek – tek suka pada abis. Laku banget di Bandung mie tek- tek tuh. Ahh kalau Bandung seh jangan di tanya surganya makanan enak – enak ya ga…
Saya sendiri punya langganan mie tek – tek bahkan saya udah bertahun – tahun langgaan. Emang enak ya sampai langganan gitu? Beuh jangan di tanya enak banget deh pokoknya. Tiap malem antri yang belinya. Si mas nya bisanya jualan mulai abis magrib sampai abis, kalau laku banget biasanya jam sepuluh udah abis.  Kalau ga banyak yang beli kadang sampai jam sebelas malem baru pulang dan dagangan habis semua. 
Mie tek – tek ini ada dua pilihan yamin dan kuah. Kalau yamin ga beda jauh sama mie goreng. Ada ayam suwir lengkap dengan tulangnya, irisan kol dan juga kerupuk. Kalau kuah juga intinya sama cuma bedanya pakai kuah ajah dan itu lebih seger, lebih enak. Tapi tergantung selera ada juga yang sukanya yamin. Kalau saya awal suka sama mie tek - tek dulu sukanya yamin karena kalau kuah suka cepet kenyang ada airnya, tapi kesininya jadi lebih suka yang kuah, lebih seger dan enak ajah seh ada kuahnya hehe. 

Kalau mau bikin dirumah juga sebenernya bisa – bisa ajah, cuma saya belum nyoba. Kalau liat si mas nya bikin kayanya seh mudah cuma saya ga jamin kalau saya bikin bakal seenak yang itu hehe. Nah kalau saya liat bahan – bahan buat mie tek – tek kira – kira ini neh : 
Bahan :
Mie, jelas lah ya kan mau bikinnya juga mie tek – tek (bukan mie instant lho)
Suwir ayam dan tulangnya 
Rawit
Bumbu yang telah di ulek seperti kemiri, bawang putih sama lain- lain
Minyak goreng
Bawang daun
Seledri
Telor 
Goreng bawang merah 
Kecap

Cara bikinnya :
Pertama biasa siapkan api, nah kalau si mas nya biasanya pakai arang jadi cukup repot ya kalau mau sama persis bikinnya pakai arang. Tapi kalau pakai arang memang lebih wangi keciumnya.
Kemudian masukkan minyak goreng ga terlalu banyak secukupnya ajah
Setelah panas kemudian masukkan bumbu yang telah di ulek
Masukkan telor dan di orak - arik seperti mau bikin nasi goreng
Kalau bikin yang kuah tambahkan air, kalau yamin ga usah pakai air
Masukan irisan bawang daun dan juga seledri
Kemudian masukkan mie yang telah direbus terlebih dulu sebelumnya
Setelah itu aduk - aduk, kemudian tambahkan kecap dan juga bumbu lain untuk rasa yang lebih maknyus (misalnya penyedap rasa)
Selanjutnya masukkan suwir ayam yang telah disipkan sebelumnya
Masukan irisan kol, jadi kol ga teralu lama di masaknya dan saat dimaka bikin seger karena ga terlal matang
Mau dicobain dulu boleh biar rasanya lebih sesuai dengan selera
Biar lebihwangi tambahkan bawang merah yang telah digoreng
Dan taraa mie tek –tek siap disantap. Yummy bikin laper neh :) 

Mie tek – tek bisa juga dimakan dengan air teh hangat, air putih atau bisa juga dengan minuman manis, tapi pastinya keburu kenyang ya kalau sama minuman manis. Tapi kalau minuman manisnya dingin enak banget tuh. Kalau saya kadang minumnya sama teh manis dingin itu lebih maknyus deh .

20 comments :

  1. malem-malem gini disuguhin mie tek-tekmau banget mbak

    ReplyDelete
  2. saya justru tertarik dengan teh kotaknya... cocok buat nemenin mie tek-tek yang pedes.. :)

    ReplyDelete
  3. makasih resepnya mbak, jadi laper

    ReplyDelete
  4. aku suka mie tek2 , inget dulu waktu kos suka nunggu mi tek2 datang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba aku juga dari jaman kuliah sampai sekarang :))

      Delete
  5. Enak nih... tapi lebih suka nasi gorengnya sih kalo aku

    ReplyDelete
  6. bumbunya pasti enak banget tuh, mpe kental kuahnya

    ReplyDelete
  7. Aku mauuuu cobaaaa...aku suka banget mie tek-tek mba...

    ReplyDelete
  8. kalo aku tukang mie tek teknya mangkal depan gang. enak bangetlah jadinya~ tapi tetep lebih suka nasi campur kwetiauw sih~

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya ada yg jualandeket gitu bisa2 tiap hari beli tuhmba :))

      Delete
  9. Ini makanan kesukaan ayahku, aku juga sukaaaaaaaaa

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung ke Blog saya, silakan tinggalkan komentar supaya saya bisa berkunjung balik, mohon maaf komentar saya moderasi ya jika ada link hidup dan brokenlink akan saya hapus, terimaksih.