SOCIAL MEDIA

Friday, February 12, 2016

Lotek




Hallo selamat siang, makan siang apa neh? Kalau lagi males masak biasanya saya beli masakan. Kadang dari masakan sunda atau kalau lagi pengen yang seger – seger saya suka beli lotek. Lotek? Hmmm lotek itu kuliner sunda, enak dan maknyus deh. Ada yang mentah ada juga yang masak atau mateng. Maksudnya sayurannnya bisa mentah atau direbus dulu. Ya kan lotek itu kuliner yang isinya sayuran semua sama bumbu kacang. Cocok kalau dimakan siang – siang gini. Apa lagi yang sayuran mentah seger deh. Lebih sehat dan enak pastinya. 



Kalau lagi kerja dan malas makan dari catering yang disediain di tempat kerja saya kadang beli lotek. Deket – deket tempat kerja ada yang jualan lotek. Nah biasanya yang jual lotek tuh udah terkenal di sekitarannya kalau yang enak apa lagi suka antri yang belinya. Waktu kecil juga saya sama ibu suka dibikinin lotek tuh, secara ibu kan sukanya masak dan bikin olahan makanan. Beda sama saya yang kadang malas bikin apa – apa hehehe. 

Kita juga bisa bikin lotek di rumah, kalau lagi ga males saya suka bikin juga di rumah, beli sayuran sama bumbunya. Beli buat kerupuknya dan digoreng di rumah. Kalau bumbunya sekarang ada yang lebih praktis tinggal di aduk sama sayurannya. Tapi kalau mau yang bikin sendiri bumbunya juga boleh. Nah yang penasaran yuk kita coba bikin di rumah loteknya :) 

Bahannya :
  • Kol 
  • Kacang panjang 
  • Toge 
  • Kangkung 
  • Labu 
  • Bawang merah digoreng

Cara buatnya :
  • Semua sayuran dicuci bersih di air mengalir 
  • Kemudian direbus
  • Semua sayuran direbus atau dikukus, kalau mau yang mentah ga perlu dikukus cuma dipotong – potong ajah, paling dikurangi kangkung sama labu kalau lotek mentah.
  • Bumbu, kalau beli yang udah siap pakai tinggal dicampur sama sayurannya, kalau mau bikin sendiri pakai kacang kemudian di goreng dan diulek, ditambah garam, gula, kentang rebus dan penyedap rasa. Buat yang suka pedas saat diulek boleh ditambah rawit. 
  • Kemudian sayuran yang telah direbus dicampur dengan bumbu dan diaduk - aduk
  • Dan taraaa lotek siap dimakan. Tambahkan kerupuk yang sudah di goreng biar lebih maknyus. Lotek bisa dimakan langsung bisa juga pakai nasi atau pakai lontong yang dicampur sama loteknya. 
  • Tambah taburan bawang goreng biar wangi dan lebih enak
  • Selamat menikmati dan selamat makan siang :) 

 post signature

14 comments :

  1. saya sukaaa bnegt sama lotek.. enak, sehat lagi.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mba salah satu makanan sehat ya, tosss mba :)

      Delete
  2. ini bikin ngileeeeeer... ga ada lotek disini syediiihhh :(

    ReplyDelete
  3. sering denger lotek tapi belum pernah nyobain. Rasanya sama nggak dengan gado2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hampir sama mba, bumbunya juga sama, kalo gado2 sayurannya mentah persis kaya lotek mentah mba :)

      Delete
  4. penasaran sm lotek, blm pernah soalnya, *kaaasiihaannn..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayooo maen sini mba nanti kita makan lotek bareng :)

      Delete
  5. Saya sering bingung beda lotek, pecel, karedok :-)
    Pernah sy beli pecel dan minta ditambah telur eh malah diketawain yang jual. Katanya kok pecel pakai telur. Hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pecel itu istilah atau nama lain dari lotek di beberapa daerah mba termasuk daerah kelahiran saya Ciamis, kalau di Bandung dikenalnya lotek :)

      Delete
  6. Lotek!!! Inget jaman kuliahhh dulu. Sekarang tinggal di bekasi namanya jadi gado-gado. Padahal di lampung tempat asal saya, gado-gado khusus untuk sayuran dgn bumbu kacang yang dimasak.

    Tapi emang gak pernah bosen sama makanan ini, apapun namanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba apapun namanya tetep kita suka ya :)

      Delete
  7. Lotek, pecel, karedok, urap, gado-gado, trancam... Semuaaa saya suka.
    Seger, apalagi kalau sayurannya mentah, pas dikunyah kres.. Kres renyah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul maak, sayuran mentah itu lebih bagus dan sehat :)

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung ke Blog saya, silakan tinggalkan komentar supaya saya bisa berkunjung balik, mohon maaf komentar saya moderasi ya jika ada link hidup dan brokenlink akan saya hapus, terimaksih.