SOCIAL MEDIA

Wednesday, February 24, 2016

Kupat Tahu



Sarapan itu penting untuk kesehatan kita juga, sebelum mengawali aktivitas baiknya kita sarapan dulu. Mau bentuk apa itu sarapannya kembali lagi ke masing – masing. Ada yang sarapan nasi goreng, nasi tambah lauk, roti, kue, bubur, lontong kari, buah – buahan, kupat tahu dan lain – lain. Intinya perut kita isi sebelum kita kelaparan setelah beraktivitas. 

Berbicara jenis sarapan seperti yang barusan saya singgung, saya mau sedikit cerita tentang kupat tahu. Ya kupat tahu makanan atau kuliner asli sunda dan asli Indonesia ini banyak disukai. Ada beberapa kupat tahu yang terkenal di tatar sunda ini tapi yang saya kenal seh kupat tahu Singaparna (Tasikmalaya). Rasanya enak dan maknyus deh hehe. Kalau kita mau ga usah ke Tasikmalaya tentunya, banyak yang jualan di berbagai kota atau daerah koq. 

Kupat tahu ini sebetulnya makanan atau kuliner yang sederhana tapi entahlah sepertinya menempel banget di lidah orang sunda. Kupat tahu terdiri dari kupat dan tahu ya namanya juga kupat tahu ya hehe. Ditambah bumbu kacang, touge dan kerupuk. Biar tambha wangi dan enak tambah goreng bawang merah. Hmmm bikin lapaer deh.  Ada juga jenis kupat tahu petis biasanya pakai irisan mentimun dan bumbunya agak cair. Apapun itu tetap kupat tahu itu enak dan mengenyangkan buat sarapan pagi. 
Waktu saya kecil karena ibu suka sekali masak saya suka dibikinin kupat tahu tuh, mudah sekali sebenernya kalau kita mau, nah boleh yang mau coba neh.
Sedian kupatnya, kupat bisa bikin sendiri kaya kita mau lebaran itu atau beli yang udah jadi juga ada.
Siapkan :
  • Kupat
  • Tahu
  • Touge yang telah direbus atau dikukus
  • Kerupuk
  • Bumbunya : kacang, garam, penyedap rasa, gula merah
Cara buatnya : 
  • Potong  potong lontongnya.
  • Kemudian siapkan tahu dan digoreng
  • Setelah digoreng tahu dipotong – potong kecil seperti lontong.
  • Kita siapin bumbu kacang, bumbu kacangnya mudah juga terbuat dari kacang yang digoreng kemudian di ulek dan pakai bumbu seperti garam, gula merah dan bawang putih.
  • Setelah bumbu siap tambahkan di atas potongan kupat sama tahu yang udah dipotong – potong tadi
  • Tambah touge yang telah direbus
  • Tambahkan juga kerupuk
  • Dan biar harum tambah goreng bawang merah diatasanya
  • Kupat tahu pun siap disantap  

Kupat tahu memnag enak dan cukup untuk porsi sarapan. Ayo sebelum beraktivitas usahakan sarapan dulu. Sarapan ga harus banyak yang penting kebutuhan perut dan badan akan nutrisi terpenuhi sebelum beraktivitas. Ok selamat beraktivitas, Have nice a day :) 
post signature

6 comments :

  1. Di kampung saya Kuningan Jawa Barat juga ada mbak. Enak ya. Saya doyan bgd. Bedanya kalo di Kuningan ga pake toge :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah orang kuningan ya mba :) oya beda2 ternyata ya :))

      Delete
  2. Di magelanf jg kupat tahunys terkenal mak

    ReplyDelete
  3. gak tahu nih dulu waktu tinggal di Kuningan , gak begitu suka kupat tahu. kalau bikin sendiri malah suka. Krn yang dijual itu daun pembungksu kupatnya warnanya coklat kehitaman , jadi hilang selera

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung ke Blog saya, silakan tinggalkan komentar supaya saya bisa berkunjung balik, mohon maaf komentar saya moderasi ya jika ada link hidup dan brokenlink akan saya hapus, terimaksih.