SOCIAL MEDIA

Friday, February 5, 2016

Enaknya Bacil




Ngomongin bakso atau mie bakso kayanya ga ada habisnya, ya ga? apa lagi buat perempuan makanan satu ini susah banget buat dihindari. Banyak yang sedang diet gagal karena tergoda bakso. Aaahh entahlah dimana enaknya makanan satu ini, yang jelas digilai banyak orang. Bisa jadi enaknya terletak di dalam baksonya atau juga bumbunya. Semakin punya nama bakso itu maka akan semakin mahal juga harganya, dari yang harga biasa sampai yang harganya selangit. Dan yang jelas rasanya harus sebanding dong dengan harganya, ya ga?

Bakso ada banyak jenisnya, ada mie bakso yamin, ada baso malang, ada baso tahu dimana kadang orang bilangnya baso tahu, ada juga mie ayam plus bakso, ada juga bakso chuanki dan yang sekarang lagi banyak digandrungi adalah Bacil atau bakso kecil.  Yuhuu bakso kecil enak dan murah meriah. 

Bakso kecil ini bisa dibilang jajanan meski yang suka ga hanya anak – anak tapi orang dewasa juga banyak yang suka. Bahkan lebih dari anak – anak. Bacil ini relative murah dan mudah didapatkan kalau di Bandung. Biasanya yang jualan mulai siang sampai malam hari. Rasanya ga beda jauh sama bakso besar, tapi karena ini kecil bahkan teramat kecil jadi ga ada isinya kaya bakso besar. 
 
Bacil ini sebenarnya sederhana banget cuma bakso kecil – kecil ditambah bumbu. Ada juga tahu yang bisa ditambhakan dan ini juga sama kecil - kecil bentuknya. Kita bisa pilih rasanya mau lengkap pakai saos dan kecap atau dibening. Kalau saya lebih suka di bening, di bening lebih enak menurut saya, rasanya kaya chuanki. Kalau di bening hanya pakai bumbu dan pedas saja. Tapi meski sederhana, jangan dikira bacil ini selalu laku dan saya juga sering kehabisan kalau mau beli. 


Bacil biasanya dijual di tempat yang ramai, ya iyalah ya kalau ditempat yang sepi ga akan laku hehe. Biasanya di sekolah – sekolah, di jalan yang ramai atau di tempat umum yang ramai. 

Kalau yang udah biasa bikin bakso di rumah, bisa juga bikin sendiri. Baksonya ajah yang dibuatnya kecil – kecil dan bumbunya suka – suka kita. Ya ga jauh dari bumbu bakso atau bumbu chuanki. Bacil enaknya dimakan pas masih hangat dan bisa dimakan sama kerupuk lebih maknyus. Terlebih pas musim hujan gini enak makan yang angat dan pedas. 

Buat yang penasaran dengan bacil ayo main ke Bandung, eh saya kurang tau apa di daerah lain ada juga bacil. Kalau ada selamat menikmati ya bacilnya.
post signature

3 comments :

  1. Wihii.. bikin ngiler.. saya duka bakso kecil mba.. tapi baru tahu kalo namanya bacil. :-)

    ReplyDelete
  2. Kalo di Semarang, bacil gini namanya bakso kerikil. Seporsi isinya banyak banget, gak habis-habis rasanya

    ReplyDelete
  3. Mana lebih enak dengan bakso urat?

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung ke Blog saya, silakan tinggalkan komentar supaya saya bisa berkunjung balik, mohon maaf komentar saya moderasi ya jika ada link hidup dan brokenlink akan saya hapus, terimaksih.