SOCIAL MEDIA

Monday, February 29, 2016

Kue Pukis, Murah tapi Enak




Pagi hari perut enaknya diisi sama yang panas – panas, seperti susu, teh, atau kopi. Sarapan juga enaknya yang masih panas seperti nasi goreng, bubur ayam, kupat tahu, lontong kari dan lain – lain. Selain yang asin – asin kadang enak juga diisi sama makanan yang manis seperti bolu, roti, kue dan ada juga yang enak dimakan pagi hari itu adalah kue pukis. Kue pukis jualannya biasanya memang pagi hari jadi enak dimakan saat masih panas satau hangat. 



Kuliner Bandung atau kuliner sunda memang banyak sekali jenisnya beragam dari yang harganya murah meriah sampai yang mahal. Termasuk jajanan pasar ini. Kue jajanan pasar memang murah meriah tapi rasanya enak juga. Salah satunya kue pukis ini.

Tempat tinggal saya dekat dengan pasar tradisional jadi banyak sekali yang jualan makanan. tinggal kita pilih – pilih mau beli apa tentunya yang bersih dan sebisa mungkin yang menyehatkan. Saya kadang  beli kue pukis ini selain saya suka, anak – anak juga sauka apa lahi yang kecil dia suka banget. Dia suka minta dibeliin khusus buat dia kalau saya ke pasar atau sengaja harus beliin tuh kalau saya pas ga ke pasar. 


Kue pukis kalau dimakan udah ga dingin rasanya kurang enak, makanya kalau belum habis dan udah dingin saya suka dimasukan ke majicom biar diangetin lagi. Hasilnya ga beda jauh sama kondisi saat kue pukis baru mateng. 

Kua pukis ini harganya relative murah ya karena termsuk jajanan pasar juga. Terlebih ini dijual dipasar dimana orang rata – rata belanja untuk dijual lagi. Ya ada juga buat keperluan sendiri seperti saya. Karena ada pasar jadi ga ada yang jualan sayuran atau sembako. Harus beli ke pasar langsung, lumayan harganya lebih murah juga hehe. 


Kue pukis selain enak dimakan tersendiri enak juga dimakan sama kopi atau teh hangat. Kalau anak saya biasanya dimakan sama susu. Duhhh mantap deh enaknnya. Lupakan diet yang manis – manis hehe. 



Kue pukis ini warnanya sebenernya putih tapi suka dikasih coklat saat membuatnya jadi lebih bervariasi. Dan ada juga yang dikasih taburan meses diatasnya. Kalau saya karena kurang suka sama meses saya beli yang biasa ajah yang polos. Kue pukis terksturnya lembut dan empuk sekali. Selain itu juga harum. 

Kue pukis dibuat langsung kadang juga saya harus nungguin kalau lagi banyak yang belinya. Dan ini laku banget kalau telat ajah saya belinya agak siang pasti udah habis. Rezeki si masnya memang bagus, rezekinya ada di jual kue pukis. Buat yang penasaran ayo dicoba ajah, enak lho meski murah meriah. Selain itu kita bisa membantu pedagang kecil dengan membeli barang jualannya.
post signature

Sunday, February 28, 2016

Urap Sayuran Bumbu kelapa




Makan sayuran memang baik untuk kesehatan, tapi kadang males juga ya tipah hari harus makan sayuran. Bosen? bisa jadi. Karena sayuran ya itu – itu ajah kan? selain itu bingung juga bikin apa lagi ya dari sayuran. Nah buat nyiasatinnya bikin yang lebih asik dan enak, pokoknya yang kita suka ajah biar sayuran tetap bisa kita makan. Nah salah satunya bikin urap sayuran dan biar enak pakai bumbu kelapa. Sebenernya urap memang identik sama kelapa ya hehe. 


Urap ini salah satu masakan khas sunda. Biasanya dimakan sehari – hari atau saat ada acara tertentu misalnya syukuran yang biasanya dimakan dengan nasi tumpeng. Nah gimana buatnya yuk kita sharing.
Bahan – bahannya :
Sayuran yang diperlukan :
  • Kol 
  • Touge 
  • Kacang panjang 
  • Boleh juga tambah wortel 
  • Kelapa yang udah diparut

Bumbunya :
  • Cabai merah 
  • Kencur 
  • Garam 
  • Gula merah 
  • Penyedap rasa 
  • Bawang merah
  • Bawang putih 
  • Tomat


Cara membuatnya :
  • Siapkan sayuran yang telah dipisahkan kemudian dicuci di air yang mengalir 
  • Kemudian sayuran dipotong – potong dan juga diiris – iris 
  • Kalau yang suka dikukus terlebih dahulu boleh, kalau yang suka langsung dimasak  juga boleh kemudian tiriskan
  • Siapkan kelapa yang telah diparut 
  • Siapkan juga untuk bumbunya dicuci dan cibersihkan di air yang mengalir 
  • Kemudian bumbu diulek yang terdiri dari cabai merah, kencur, bawang merah, bawang putih dan juga tomat 
  • Siapkan minyak goreng sedikit saja biar mengurangi minyak, hanya untuk menumis bumbu 
  • Setelah minyak panas tumis bumbu yang telah diulek 
  • Tunggu sampai  bumbu harum dan matang kemudian masukan kelapa yang telah diparut dan diaduk dengan bumbu 
  • Setelah merata dan cukup matang masukan sayuran yang telah disiapkan tadi 
  • Aduk sampai merata dengan tumisan bumbu dan juga kelapa 
  • Tambahkan garam, gula merah dan juga penyedap rasa sampai dengan rasanya pas
  • Setelah dirasa pas angkat urap dan siapkan dipiring  
  • Dan taraaaa urap sayuran bumbu kelapa siap disantap, bol;eh dimakan dengan lauk lainny dan juga kerupuk

Nah mudahkan bikinnya, murah meriah dan juga bergizi karena ada sayurannya. Kalau yang tidak suka pedas ga usah pakai cabai merah. Cukup bumbu itu ajah. Saya juga kalau bikin buat anak – anak suka ga pakai cabai merah bair ga pedas.
Nah selamat mencoba ya, masaklah dengan cinta untuk oerang – ornag tercinta :) 



post signature

Thursday, February 25, 2016

Perkedel Tahu Isi Wortel


Masak apa hari ini bu ibu? Kalau saya bikin perkedel tahu isi wortel. Kalau minggu kemarin saya bikin perkedel kentang sekarang bikin perkedel tahu isi wortel tidaklah susah karena saya ga bisa kalau harus bikin yang susah – susah mah hehe. Perkedel tahu sebenernya saya suka bikin tapi kalau yang pakai wortel baru sekarang neh. Saya sengaja tambahin sayuran salah satunya ya wortel ini biar ada sayurannya didalamnya. Selain bagus buat anak – anak, ya buat saya juga membiasakan makan sayuran tiap hari meski cuma sedikit :)
 

Saya bikin perkedel dari tahu karena saya suka tahu, ya tahu kan salah satu makanan yang bergizi mengandung protein. Tahu meskipun murah meriah tapi sehat dan bergizi. Makanya ayo jangan sepelekan makanan Indonesia yang satu ini. Kalau hanya digoreng tahu kan kadang bosen juga, jadi kali – kali saya suka bikin yang bervariasi dari tahu ini. Nah yuk kita bikin perkedel tahu isi wortel. 
Bahan – bahannya : 
  • Tahu
  • Wortel
  •  Minyak goreng
  • Telur
  • Bawang daun (kalau ga suka bawang daun boleh diganti bawang merah)
  • Bawang putih
  • Garam 
  • Penyedap rasa      
  • Merica

Cara membuatnya :
  • Siapkan tahu yang telah dicuci di air mengalir, banyaknya bisa disesuaikan saja ya
  • Kemudian tiriskan tahu 
  • Ulek tahu, boleh menggunakan ulekan atau alat lain 
  • Bersihkan wortel dan cuci di air mengalir, kemudian parut wortel 
  • Kalau ga diparut boleh juga diiris kecil – kecil 
  • Siapkan bumbu seperti garam, bawang putih dan merica kemudian diulek 
  • Iris bawang daun kecil – kecil 
  • Siapkan telur  kemudian dikocok dalam mangkok kecil 
  • Aduk tahu, wortel, bumbu dan juga bawang daun sampai merata (wortel boleh dimasukan kedalam perkedel tahu saat sedang dibentuk bulat – bulat kalau tidak mau diaduk dengan tahu) 
  • Boleh cicipi rasanya biar pas sesuai dengan selera ya
  •  Setelah pas rasanya kemudian siapkan untuk digoreng 
  •  Panaskan minyak secukupnya 
  • Setelah minyak panas goreng perkedel tahu yang telah dibentuk menggunakan sendok atau alat lain 
  • Bentuknya boleh disesuaikan dengan selera atau kesukaan anak – anak, kalau saya bikinnya bulet – bulet tipis 
  • Goreng dengan api sedang
  • Setelah matang dan harum angkat dan tiriskan 
  • Dan taraaa perkedel tahu sudah  siap :)

Siapkan dipiring untuk dimakan dengan nasi atau dimakan langsung.
Untuk yang suka pedas boleh dimakan dengan saos atau rawit atapun sambal

Nah mudah bukan bikinnya, untuk menyiapkan makanan bergizi tidak selalu identik dengan  yang mahal – mahal dan susah dicari.  Apa yang ada disekitar kita, masak dan hidangkan untuk kelurga. Dan masaklah dengan cinta untuk orang – orang tercinta :) 

post signature

Wednesday, February 24, 2016

Kupat Tahu



Sarapan itu penting untuk kesehatan kita juga, sebelum mengawali aktivitas baiknya kita sarapan dulu. Mau bentuk apa itu sarapannya kembali lagi ke masing – masing. Ada yang sarapan nasi goreng, nasi tambah lauk, roti, kue, bubur, lontong kari, buah – buahan, kupat tahu dan lain – lain. Intinya perut kita isi sebelum kita kelaparan setelah beraktivitas. 

Berbicara jenis sarapan seperti yang barusan saya singgung, saya mau sedikit cerita tentang kupat tahu. Ya kupat tahu makanan atau kuliner asli sunda dan asli Indonesia ini banyak disukai. Ada beberapa kupat tahu yang terkenal di tatar sunda ini tapi yang saya kenal seh kupat tahu Singaparna (Tasikmalaya). Rasanya enak dan maknyus deh hehe. Kalau kita mau ga usah ke Tasikmalaya tentunya, banyak yang jualan di berbagai kota atau daerah koq. 

Kupat tahu ini sebetulnya makanan atau kuliner yang sederhana tapi entahlah sepertinya menempel banget di lidah orang sunda. Kupat tahu terdiri dari kupat dan tahu ya namanya juga kupat tahu ya hehe. Ditambah bumbu kacang, touge dan kerupuk. Biar tambha wangi dan enak tambah goreng bawang merah. Hmmm bikin lapaer deh.  Ada juga jenis kupat tahu petis biasanya pakai irisan mentimun dan bumbunya agak cair. Apapun itu tetap kupat tahu itu enak dan mengenyangkan buat sarapan pagi. 
Waktu saya kecil karena ibu suka sekali masak saya suka dibikinin kupat tahu tuh, mudah sekali sebenernya kalau kita mau, nah boleh yang mau coba neh.
Sedian kupatnya, kupat bisa bikin sendiri kaya kita mau lebaran itu atau beli yang udah jadi juga ada.
Siapkan :
  • Kupat
  • Tahu
  • Touge yang telah direbus atau dikukus
  • Kerupuk
  • Bumbunya : kacang, garam, penyedap rasa, gula merah
Cara buatnya : 
  • Potong  potong lontongnya.
  • Kemudian siapkan tahu dan digoreng
  • Setelah digoreng tahu dipotong – potong kecil seperti lontong.
  • Kita siapin bumbu kacang, bumbu kacangnya mudah juga terbuat dari kacang yang digoreng kemudian di ulek dan pakai bumbu seperti garam, gula merah dan bawang putih.
  • Setelah bumbu siap tambahkan di atas potongan kupat sama tahu yang udah dipotong – potong tadi
  • Tambah touge yang telah direbus
  • Tambahkan juga kerupuk
  • Dan biar harum tambah goreng bawang merah diatasanya
  • Kupat tahu pun siap disantap  

Kupat tahu memnag enak dan cukup untuk porsi sarapan. Ayo sebelum beraktivitas usahakan sarapan dulu. Sarapan ga harus banyak yang penting kebutuhan perut dan badan akan nutrisi terpenuhi sebelum beraktivitas. Ok selamat beraktivitas, Have nice a day :) 
post signature