SOCIAL MEDIA

Wednesday, January 20, 2016

Tongseng



Makan…mari kita makan :)) ya lah selagi sehat mari kita makan ya ga? Masak apa hari ini bu ibu? kalau lagi di rumah enak ya bisa makan apa yang kita mau, kita pengen apa tinggal masak. Kalau belum ada ide boleh bikin yang satu ini neh bu. Nah yang lagi kerja makan siangnya apa neh?  Meski baiknya seh bawa makan dari rumah ya selain lebih  selain bersih dan juga sehat, juga lebih hemat (halah emak – emak tetep ujung – ujungnya hemat). Tapi kadang hal itu susah juga ya ga selain waktu yang kadang tidak sempat, juga godaan jenis makanan diluar yang beragam. Kita bisa pilih pengen makan apa.  Termasuk juga saya, godaan buat beli makanan saat kerja itu banyak banget, selain makan siang juga cemilan yang bisa dimakan saat waktu senggang. Secara saya sukaaa banget ngemil tuh hehehe. 
 
Saya sebetulnya buka type orang yang banyak tau juga tentang makanan apa lagi kuliner. Jujur selain terhitung jarang wisata kuliner saya juga banyak makanan yang kurang suka. Bukan sok bersihan atau sok pilih – piliih juga seh  tapi karena memang beneran kurang suka sama beberapa jenis makanan. Saya peling sering kalau makan lauknya itu – itu juga ga jauh dari ayam, daging sama telor hehe. Makanya waktu ada lomba  blog yang harus makan langsung disana saya ga bisa soalnya saya ga suka itu. 

Makanya kalau makan siang lagi kerja kadang bingung mau beli apa yaa, karena jenis makanan yang saya suka itu - itu saja. Saya lagi bingung harus makan apa, teman ngasih saran untuk makan tongseng saja. Ga jauh dari tempat kerja ada semacem pujasera yang ga terlalu besar disana. Ada beberapa pilihan menu disana. Ada mie baso kuah dan yamin. Ada soto, dan lain – lain deh. Hmmm tongseng boleh juga tuh. Eh tapi dagingnya daging apa ya kalau daging domba saya ga mau. Saya kalau masalah makanan cerewet juga, takutnya makanan itu ada daging dombanya, ya kan saya ga suka sama daging domba. Dan ternyata tongseng yang ada sekitar tempat kerja itu adalah tongseng dengan daging sapi. Dan akhirnya saya pun ikut - ikutan pesan buat diantar ke tempat kerja karena jaraknya juga tidak terlalu jauh. Dan taraaa saya makan tongseng juga. 

Nah menurut beberapa sumber, tongseng adalah makanan khas Jawa Tengah, biasanya di Solo, Yogyakarta, dan juga Semarang. Dan tongseng yang ada disini ini merupakan tongseng yang dipisah daging dengan kuahnya. Jadi dagingnya dimasak secara terpisah. Dan kuahnya ini tanpa santan, nah lebih sehat kan? :) Dan untuk dagingnya disatukan dengan nasi pesanan kita, dengan diberi taburan goreng bawang, kol dan juga bumbu dari dagingnya tersebut. Sedangkan untuk kuahnya di sajikan secara terpisah, kuahnya diberi tomat yang tidak dimasak jadi masih mentah dan irisan bawang daun.  Wahh segar dan enak ya tomatnya mentah. 


Buat bu ibu bisa juga bikin di rumah kalau mau coba, sederhana koq resepnya. Ini juga hasil saya tanya sama yang jualnya hehe. Bahan – bahannya daging sapi, air asam, bawang merah, daun salam, serei,  kecap manis, daun kol, tomat, bawang daun, bawang merah, gula dan garam sesuai selera tentunya ya. Kemudian bawang putih, jahe, ketumbar, merica dan lengkuas. 

       Adapun caranya kurang lebih seperti ini ya bu ibu :
  • Panaskan minyak goreng lalu tumis bawang merah sampai kuning.
  • Masukkan bumbu halus (bawang putih, merica, jahe dan ketumbar serta irisan lengkuas) sampai harum.
  • Setelah harum kemudian masukan daging yang udah dipotong – potong sampai berubah warnanya.
  • Kemudian tambahkan air, air asam dan masak hingga daging lunak.
  • Masukkan cabe rawit, kol, bawang daun, garam dan gula pasir untuk rasa bisa disesuaikan dengan selera ya.
  • Untuk tomat bisa ditambahkan saat masih dimasak atau juga setelah tongseng dihidangkan jadi tomatnya mentah dan ini tentunya lebih segar.
  • Dan taraaa tongseng siap dihidangkan.
  • Selamat mencoba :))
Itulah sekilas tentang tongseng, Indonesia memiliki banyak jenis makanan khas yang berasal dari masing – masing daerah. Tentunya kita antar daerah bisa saling mencicipi masakhan khas masing – masing. Indonesia memang kaya akan kebudayaan termasuk kulinernya.


post signature

18 comments :

  1. Suamiku yg dulu doyan tongseng. Kalo aku malah gak suka

    ReplyDelete
  2. bisa dari daging ayam juga gak sih..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya daging sapi ato domba mba, kalo ayam mungkin jadi kaya soto mba :) tapi kalo mau dicoba ajh mba :)

      Delete
  3. Pernah bikin tongseng saat idul adha, tapi gak bisa menyamai masakan rumah makan, malah kyk daging dibumbuin kecap hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jafi kaya semur mba? Ga apa2 mba kalo enak kan tetep ludes dimakan :)

      Delete
  4. segerrrr banget apalagi klo irisan kobisnya banyak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mba sayurannya bikin seger ya apa lagi kalo kubisnya mentah :)

      Delete
  5. Kalau saya suka pake daging domba mba, tapi pke daging sapi enak juga.belum pernah bikin sendiri selalu beli.

    ReplyDelete
  6. Enak ini, saya suka. Wah kebalikannya saya nih. Saya mah relatif gak pilih-pilih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah masa mba? Enak gitu mba semua makanan suka ga kaya aku hiks :( hehe

      Delete
  7. sukkaaa sama tongseng ayam atau sapi plus ditambahin cabe rawit yang banyak ... sluurrrp pasti langsung nambah 2 piring :D

    ReplyDelete
  8. Makanan kesukaan sebenernya tapi ga mau sering sering

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung ke Blog saya, silakan tinggalkan komentar supaya saya bisa berkunjung balik, mohon maaf komentar saya moderasi ya jika ada link hidup dan brokenlink akan saya hapus, terimaksih.