SOCIAL MEDIA

Monday, November 30, 2015

Ayam Plecing Kangkung

Laper...laper...siapa yang laper? saya pastinya hehe...Di tempat kerja saatnya makan siang kadang suka bingung juga harus makan apa, nasi padang, mie baso, mie ayam, lotek?  ahhh apa yaa? Iseng tanya - tanya temen katanya ada tempat makan baru sekitaran tempat kerja dengan menu andalannya ayam plecing kangkung. Wow apa itu? Kalau ayamnya seh ga asing ya, dan itu salah satu lauk kesukaan saya juga, nah kalau plecing kangkungnya apa tuh? Kalau kata temen seh enak dan maknyus, penasaran juga jadinya neh dan yang pasti seh neh perut udah keruyuk - keruyuk :)
Tempatnya ga begitu jauh dari tempat kerja malah cuma berjarak beberapa meter, saya sama temen langsung kesana buat pesan dan di antar ke tempat kerja.Sebetulnya di tempat makan ini ada banyak menu lainnya tidak jauh beda dengan tempat makan biasa. Cuma yang terkenal dan mungkin menu andalannya ya  ayam plecing kangkung ini. Dan kebetulan sekali karena saya suka sama ayam, jadi pas banget neh. jujur saya ga banyak suka lauk, bisa dibilang cuma daging, ayam sama telor ajah. Bebek saya ga suka, kalau ikan ada beberapa yang suka itu juga jarang - jarang makan ikan. Kalau anak - anak seh Alhamdulillah suka sama ikan.



Jadi ayam plecing kangkung ini menunya ayam goreng, ditambah rebusan kangkung kemudian di atas kangkung di kasih sambal tomat. Bisa di tambah perkedel sama tahu goreng, mau ayamnya ajah sama kankung juga boleh. Tentunya harganya berbeda ya sama yang kumplit, kalau kumplit itu ditambah tahu goreng sama perkedel dan pastinya sama ayam gorengnya ya. Nah tinggal pilih mau ayam goreng ajah apa kumplit. Itu kembali ke selera dan kantong juga ya :) 


Kalau untuk plecing kangkungnya itu sendiri, berdasarkan informasi, plecing kangkung ini merupakan masakan khas Bali dan juga Lombok. Kalau mau kita juga bisa membuat di rumah sendiri. Kangkung cukup direbus, nah lebih sehat kan karena tidak di goreng atau di tumis. Kemudian kita buat sambal tomat untuk kangkung tersebut. Sambal tomatnya tidak jauh berbeda dengan kita bikin di rumah seperti biasa. Hanya tomat, bawang merah, bawang putih, rawit, kemiri, terasi dan juga bumbu, kemudian di ulek, yang kurang atau tidak suka terasi ga pakai terasi juga tidak apa - apa, saya juga kurang suka terasi. Untuk sambalnya sendiri sepertinya tergantung selera bisa di rebus atau di goreng ya :)

Nah yang penasaran ayo bikin sendiri ajah di rumah jadi rasanya bisa sesuai selera hehe. Cocok neh buat menu makan siang. 
post signature

14 comments :

  1. Saya cuman bisa nelan ludah lihat menunya mbak :-) kangkung disini mahal, nanam sendiri sekali doang berhasil :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. o ya mahal mba? emang tingal dimana? di Bandung msih terbilang murah mba :)

      Delete
  2. biasanya yang sering buat plecing ini orang bali, enak banget memang masakannya orang bali hehehe

    ReplyDelete
  3. Enak banget kelihatannya, Mbak. Saya sedang lapar nih :D

    ReplyDelete
  4. aduhhh itu kalo nasinya pake nasi uduk pasti makin mantep ya mbak...

    ReplyDelete
  5. Saya lapar bu! hehe
    btw tahunya mirip tahu kuning

    ReplyDelete
    Replies
    1. mari makan mba :) tahu bias ini mba warnanya iya kuning :)

      Delete
  6. Saya! Saya yg laper.. belum dinner... menggoda banget nih mba.. maknyusss.. boleh dilempar ayamnya ke sini..

    ReplyDelete
  7. plecing itu kangkungnya bisa diganti kan ya mb nunk hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa ajh kalau mau mba nita, bisa sama lain lain tapi mungkin namanya jd bukan plecing kangkung ya hehe

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung ke Blog saya, silakan tinggalkan komentar supaya saya bisa berkunjung balik, mohon maaf komentar saya moderasi ya jika ada link hidup dan brokenlink akan saya hapus, terimaksih.